septiani's blog. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

4. Seluk Beluk Tempat Usaha

Satu dari sekian banyak unsur pemasaran yang sangat penting adalah PLACE (tempat usaha). Tempat usaha sangat menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis, semakin strategis maka kemungkinan suksesnya pun semakin besar. Selain letak lokasi yang strategis, yang tidak boleh diabaikan juga adalah kenyamanan, kebersihan, fasilitas, dan bahkan keindahan.
Berikut ini akan saya coba kupas satu persatu mengenai seluk beluk “Tempat Usaha”. Karena banyak sekali para wirausahawan yang kurang memperhatikan masalah tempat usaha ini, padahal ini sangat mempengaruhi kesukesan bisnis yang sedang dijalani.
1. Strategis
Letak lokasi usaha yang berada di jalan utama, jalan akses, atau persimpangan adalah letak lokasi yang banyak diburu oleh para pelaku usaha sehingga harga sewa atau harga jual dari tempat usaha ini menjadi relatif mahal. Walau agak mahal, tetap saja laku keras diburu oleh para pelaku bisnis yang memang jeli dan berpengalaman. Biasanya memang yang menyewa atau membeli tempat usaha yang strategis itu adalah pemain bisnis yang sudah berpengalaman, karena mereka mengetahui nilai dari sebuah tempat bisnis yang strategis. Prinsip mereka, lebih baik mahal tetapi memiliki traffic yang tinggi dalam mendatangkan konsumen. Daripada menyewa atau membeli tempat yang murah tapi lokasinya tidak banyak dilalui orang sehingga lebih banyak calon konsumen yang tidak tahu atau bahkan malas mengunjungi karena lokasinya yang agak jauh dan sulit terjangkau. Kalimat gaulnya, “buat apa sewa tempat murah kalo ga ada yang datang. Mending yang agak mahal, tapi dagangan laris manis karena banyak langganan”. Ini mungkin hanya berlaku pada usaha sektor perdagangan dan jasa, lain halnya dengan sektor industri atau sektor pertanian. Tempat tidak menjadi suatu kendala untuk memasarkan produk-produk sektor industri dan sektor pertanian, karena pemasarannya dilakukan oleh pihak ketiga yaitu pelaku bisnis dari sektor perdagangan.
2. Fasilitas
Bagi pelaku bisnis sector perdagangan dan jasa, fasilitas tempat parkir mungkin yang paling utama dibandingkan dengan fasilitas lain yang ada. Kalau anda perhatikan, tempat usaha yang memiliki fasilitas parkir, memiliki lebih banyak pelanggan daripada tempat yang tidak memiliki fasilitas parkir.
Selain parkir, fasilitas dari tempat usaha yang harus kita perhatikan adalah yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan selama berada di tempat kita. Beri pertanyaan kepada diri sendiri, fasilitas apa lagi yang harus dilengkapi atau ditambahkan untuk bisa lebih memuaskan pelanggan dan memberikan nilai tambah bagi usaha kita sebagai suatu pembeda dari pesaing lain.
3. Penerangan
Penerangan yang dimaksud bukan ‘Information center’ tetapi pencahayaan lampu. Percaya ga percaya, pencahayaan lampu juga memainkan peranan dalam mendatangkan pelanggan. Mungkin belum ada survey atau penelitian mengenai hal ini, tapi saya sebagai pribadi lebih suka mendatangi tempat yang lebih terang daripada yang agak temaram. Pernah saya mencoba memperhatikan dua minimarket yang letaknya bersebelahan, yang satu memiliki lebih banyak lampu sehingga lebih mencolok daripada yang satunya lagi. Dan hasilnya, yang lebih terang itulah yang lebih banyak kedatangan pelanggan.
Kalau memang anda tidak percaya, coba anda tambahkan sedikitnya dua lampu lagi pada tempat usaha anda (tergantung pada luas tempat usaha anda. Jika memang luas, bisa tambah enam atau lebih lampu) dan lihat reaksi pelanggan yang datang selama sebulan. Apakah bertambah atau sama saja dengan bulan sebelumnya. Jika sama, silakan anda copot lagi lampu tambahan yang dipasang. (toh anda cuma rugi pada pemakaian listrik sebanyak dua lampu saja koq… dan itu juga tidak keluar uang terlalu banyak).
Istilahnya, “lebih terang, lebih banyak rejeki”.
4. Kebersihan, Kenyamanan dan Keamanan
Semua orang menyukai kebersihan, dan tentu saja kebersihan adalah syarat mutlak bagi tempat usaha anda. Tempat yang bersih akan membuat orang yang datang ke tempat anda menjadi merasa nyaman.
Kenyamanan pelanggan ketika berada di tempat kita sangat menentukan apakah pelanggan itu akan kembali lagi atau tidak. Banyak pelanggan yang tidak kembali bukan hanya Karena kurangnya pelayanan atau buruknya kualitas produk kita, tetapi juga karena kurangnya kenyamanan tempat usaha. Kenyamanan tempat bisa kita lihat dari ketersediaan kursi yang cukup bagi semua customer yang datang, pendingin ruangan berupa AC atau kipas angin yang memadai, ketersediaan toilet yang bersih, atau bahkan kopi dan teh untuk pelanggan selama menunggu.
Mengenai keamanan lokasi, sebelum anda memutuskan untuk membeli atau menyewa tempat usaha, berikanlah sedikit waktu untuk mensurvei keadaan lingkungan sekitar lokasi usaha. Jika ternyata, lingkungan sekitar dikenal orang sebagai tempat yang tidak aman sebaiknya urungkan niat anda untuk berbisnis ditempat itu. Carilah tempat yang memang benar-benar aman, sehingga anda tidak selalu was-was dalam berbisnis.
5. Keindahan
Pernahkah anda berpikir untuk coba mengecat ulang tempat usaha anda agar terlihat lebih indah dan lebih menarik? Beri warna yang agak mencolok agar lebih terlihat dari lingkungan sekitar. Dan juga yang tak kalah penting adalah keindahan interior. Kalau perlu mintalah nasihat dari seorang desainer interior untuk mengubah segala sesuatu yang diperlukan agar tempat usaha kita menjadi lebih indah dan lebih menyatu dengan pelanggan.
6. Papan Nama atau Spanduk
Terakhir adalah papan nama dan atau spanduk. Sebuah tempat usaha wajib memiliki setidaknya satu papan nama atau spanduk. Ini berfungsi sebagai pemberi informasi kepada calon pelanggan atas apa yang anda jual. Dan saya yakin, semua pelaku usaha pasti melakukan ini. Tapi yang tidak banyak diperhatikan adalah mengenai posisi plang atau spanduk tersebut. Prinsipnya, plang atau spanduk atau item promosi lainnya itu ditempatkan pada tempat yang tidak melanggar peraturan daerah setempat (misalnya di taruh melintang di jalan dan menyulitkan kendaraan untuk lewat), harus terlihat oleh orang yang lalu lalang, dan tidak menutupi tempat usaha itu sendiri.
Banyak orang yang memasang spanduk besar di depan tokonya, tetapi spanduk itu malah menutupi sebagian toko. Selain merusak keindahan, juga membuat pelanggan enggan masuk karena tidak jelas bagian dalam tokonya.
Semua hal tersebut diatas tidak mutlak menjadi acuan, tetapi setidaknya anda mempunyai gambaran tentang tempat usaha yang baik dan menguntungkan.
Tetap semangat berbisnis… keep fighting !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar