Satu  dari sekian banyak unsur pemasaran yang sangat penting adalah PLACE  (tempat usaha). Tempat usaha sangat menentukan sukses tidaknya sebuah  bisnis, semakin strategis maka kemungkinan suksesnya pun semakin besar.  Selain letak lokasi yang strategis, yang tidak boleh diabaikan juga  adalah kenyamanan, kebersihan, fasilitas, dan bahkan keindahan.
Berikut  ini akan saya coba kupas satu persatu mengenai seluk beluk “Tempat  Usaha”. Karena banyak sekali para wirausahawan yang kurang memperhatikan  masalah tempat usaha ini, padahal ini sangat mempengaruhi kesukesan  bisnis yang sedang dijalani.
1.      Strategis
Letak  lokasi usaha yang berada di jalan utama, jalan akses, atau persimpangan  adalah letak lokasi yang banyak diburu oleh para pelaku usaha sehingga  harga sewa atau harga jual dari tempat usaha ini menjadi relatif mahal.  Walau agak mahal, tetap saja laku keras diburu oleh para pelaku bisnis  yang memang jeli dan berpengalaman. Biasanya memang yang menyewa atau  membeli tempat usaha yang strategis itu adalah pemain bisnis yang sudah  berpengalaman, karena mereka mengetahui nilai dari sebuah tempat bisnis  yang strategis. Prinsip mereka, lebih baik mahal tetapi memiliki traffic  yang tinggi dalam mendatangkan konsumen. Daripada menyewa atau membeli  tempat yang murah tapi lokasinya tidak banyak dilalui orang sehingga  lebih banyak calon konsumen yang tidak tahu atau bahkan malas  mengunjungi karena lokasinya yang agak jauh dan sulit terjangkau.  Kalimat gaulnya, “buat apa sewa tempat  murah kalo ga ada yang datang. Mending yang agak mahal, tapi dagangan  laris manis karena banyak langganan”. Ini mungkin hanya berlaku pada usaha sektor perdagangan dan jasa, lain halnya dengan sektor industri atau sektor pertanian.  Tempat  tidak menjadi suatu kendala untuk memasarkan produk-produk sektor  industri dan sektor pertanian, karena pemasarannya dilakukan oleh pihak  ketiga yaitu pelaku bisnis dari sektor perdagangan.
2.      Fasilitas
Bagi  pelaku bisnis sector perdagangan dan jasa, fasilitas tempat parkir  mungkin yang paling utama dibandingkan dengan fasilitas lain yang ada.  Kalau anda perhatikan, tempat usaha yang memiliki fasilitas parkir,  memiliki lebih banyak pelanggan daripada tempat yang tidak memiliki  fasilitas parkir.
Selain  parkir, fasilitas dari tempat usaha yang harus kita perhatikan adalah  yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan selama berada di tempat kita.  Beri pertanyaan kepada diri sendiri, fasilitas apa lagi yang harus  dilengkapi atau ditambahkan untuk bisa lebih memuaskan pelanggan dan  memberikan nilai tambah bagi usaha kita sebagai suatu pembeda dari  pesaing lain.
3.       Penerangan
Penerangan yang dimaksud bukan ‘Information center’ tetapi pencahayaan lampu.  Percaya  ga percaya, pencahayaan lampu juga memainkan peranan dalam mendatangkan  pelanggan. Mungkin belum ada survey atau penelitian mengenai hal ini,  tapi saya sebagai pribadi lebih suka mendatangi tempat yang lebih terang  daripada yang agak temaram. Pernah saya mencoba memperhatikan dua  minimarket yang letaknya bersebelahan, yang satu memiliki lebih banyak  lampu sehingga lebih mencolok daripada yang satunya lagi. Dan hasilnya,  yang lebih terang itulah yang lebih banyak kedatangan pelanggan.
Kalau  memang anda tidak percaya, coba anda tambahkan sedikitnya dua lampu  lagi pada tempat usaha anda (tergantung pada luas tempat usaha anda.  Jika memang luas, bisa tambah enam atau  lebih  lampu) dan lihat reaksi pelanggan yang datang selama sebulan. Apakah  bertambah atau sama saja dengan bulan sebelumnya. Jika sama, silakan  anda copot lagi lampu tambahan yang dipasang. (toh anda cuma rugi pada  pemakaian listrik sebanyak dua lampu saja koq… dan itu juga tidak keluar  uang  terlalu banyak).
Istilahnya, “lebih terang, lebih banyak rejeki”.
4.       Kebersihan, Kenyamanan  dan Keamanan
Semua  orang menyukai kebersihan, dan tentu saja kebersihan adalah syarat  mutlak bagi tempat usaha anda. Tempat yang bersih akan membuat orang  yang datang ke tempat anda menjadi merasa nyaman.
Kenyamanan  pelanggan ketika berada di tempat kita sangat menentukan apakah  pelanggan itu akan kembali lagi atau tidak. Banyak pelanggan yang tidak  kembali bukan hanya Karena kurangnya pelayanan atau buruknya kualitas  produk kita, tetapi juga karena kurangnya kenyamanan tempat usaha.  Kenyamanan tempat bisa kita lihat dari ketersediaan kursi yang cukup  bagi semua customer yang datang, pendingin ruangan berupa AC atau kipas  angin yang memadai, ketersediaan toilet yang bersih, atau bahkan kopi  dan teh untuk pelanggan selama menunggu.
Mengenai  keamanan  lokasi, sebelum anda memutuskan untuk membeli atau menyewa tempat  usaha, berikanlah sedikit waktu untuk mensurvei keadaan lingkungan  sekitar lokasi usaha. Jika ternyata, lingkungan sekitar dikenal orang  sebagai tempat yang tidak aman sebaiknya urungkan niat anda untuk  berbisnis ditempat itu. Carilah tempat yang memang benar-benar aman,  sehingga anda tidak selalu was-was dalam berbisnis. 
5.      Keindahan
Pernahkah  anda  berpikir untuk coba mengecat ulang tempat usaha anda agar terlihat  lebih indah dan lebih menarik? Beri warna yang agak mencolok agar lebih  terlihat dari lingkungan sekitar. Dan juga yang tak kalah penting adalah  keindahan interior. Kalau perlu mintalah nasihat dari seorang desainer  interior untuk mengubah segala sesuatu yang diperlukan agar tempat usaha  kita menjadi lebih indah dan lebih menyatu dengan pelanggan.
6.       Papan Nama atau Spanduk
Terakhir  adalah papan nama dan atau spanduk. Sebuah tempat usaha wajib memiliki  setidaknya satu papan nama atau spanduk. Ini berfungsi sebagai pemberi  informasi kepada calon pelanggan atas apa yang anda jual. Dan saya  yakin, semua pelaku usaha pasti melakukan ini. Tapi yang tidak banyak  diperhatikan adalah mengenai posisi plang atau spanduk tersebut.  Prinsipnya,  plang atau spanduk atau item promosi lainnya itu ditempatkan pada  tempat yang tidak melanggar peraturan daerah setempat (misalnya di taruh  melintang di jalan dan menyulitkan kendaraan untuk lewat), harus  terlihat oleh orang yang lalu lalang, dan tidak menutupi tempat usaha  itu sendiri.
Banyak  orang yang memasang spanduk besar di depan tokonya, tetapi spanduk itu  malah menutupi sebagian toko. Selain merusak keindahan, juga membuat  pelanggan enggan masuk karena tidak jelas bagian dalam tokonya. 
Semua  hal tersebut diatas tidak mutlak menjadi acuan, tetapi setidaknya anda  mempunyai gambaran tentang tempat usaha yang baik dan menguntungkan. 
Tetap semangat berbisnis… keep fighting !







 
0 komentar:
Posting Komentar